Jumat, 03 November 2017

Faktor Penyebab Pengerasan Hati Yang Perlu DiKetahui

Faktor Penyebab  Pengerasan Hati  Yang Perlu DiKetahui




Faktor Penyebab  Pengerasan Hati  - Hati atau dalam bahasa medis di sebut dengan liver memilki fungsi  untuk melidungi  tubuh dari zat-zat yang bersifat merusak bagi tubuh atau racun (toksik). Selain itu hati juga  juga mempunyai fungsi mengubah bentuk gula cadangan untuk di gunakan tubuh, metabolisme lemak, serta berperan dalam proses pembekuan darah.

Penyakit   pengerasan hati tidak muncul tiba-tiba, penyakit ini  melalui waktu  yang panjang ketika di sadarinya biasanya sudah begitu parah dan mengancam kematian. Hati  si penderita bisa berbenjol- benjol  seperti wajah yang berjerawat. Penyakit ini lebih di kenal dengan sirosis hati dan bisa  membuat hati seseorang  mengecil dan mengkerut.  Lalu apa yang menyebabkan  pengerasan hati ?

Menurut laman halosehat.com Terdapat 6 yang menyebabkan pengerasan hati yaitu diantaranya sebagai berikut :

  • Alkohol.
Fungsi hati  adalah  memetabolisme lemak termasuk alkohol. Dalam keadaan  normal, hal ini  masih mampu  di tolerir oleh hati. Tetapi dalam jumlah banyak, hal tersebut membebani  kerja hati sehingga merusak hati.

  • Penyumbatan saluran empedu
Terjadinya penyumbatan saluran empedu akibat batu empedu ternyata  membuat aliran darah  dihati menjadi terhambat. Peredaran darah yang tidak lancar menyebabkan sel -sel hati hati menjadi rusak dan mati. Ketika terjadi proses regenerasi, sel sel hati bukanya kembali normal seperti semula, melainkan  menjadi jaringan parut.

  •  Obesitas.
Kegemukan atau obesitas, di katakan  penyebab pengerasn hati yang bersifat non-alkohol, Tetapi proses terjadinya pengerasan hati kurang lebih mirip dengan alkohol. Pada kegemukan, lemak yang berlebihan  juga membuat hati  bekerja lebih keras hingga melewati batas dan merusak hati.
  • Infeksi virus hepatitis B dan Hepatitis C
Seseorang  yang  terinfeksi  virus hepatitis dalam jangka waktu lama akan merusak  fungsi sel-sel hati. Awalnya penderita masih mengalami penyakit hepatitis dan fungsi sel sel hati belum sepenuhnya rusak seperti pada pengerasan hati.  Di duga akibat infeksi pada sel hati, maka terjadi proses radang.  Sel sel hati yang terinfeksi seharusnya dimatikan dan di ganti sel baru.  Akibatkan infeksi yang di biarkan terlalu lama, terjadi perubahan sel.  Sehingga proses pemulihan sel tidak kembali seperti semula dan akibatnya banyak sel hati  yang megalami fibrosis.    
  • Penumpukan zat besi di  hati
Penumpukan zat besi  pada tubuh  di sebut hemokromatosis. Kelebihan zat besi  akan menyebabkan zat besi tertimbun di beberapa organ tubuh termasuk hati.  Dan tentunya kelebihan zat besi  tidak baik bagi tubuh. Penumpukan ini dalam waktu yang lama menyebabkan  terjadinya kerusakan sel hati.
  • Gagal Jantung 
Hal ini mirip dengan penyumbatan empedu. Dalam keadaan  gagal  jantung yang kronis, perjalanan aliran darah tubuh tidak akan lancar. Termasuk aliran darah balik yang ada di hati untuk kembali ke jantung  akibatnya aliran darah yang tidak lancar menyebabkan  kematian sel dan berganti menjadi jaringan parut dan kehilangan fungsinya.  

Itulah beberapa  faktor penyebab  pengerasan hati yang perlu di ketahui, kami ucapkan terima kasih bagi yang telah berkunjung dan membaca artikel ini sampai habis. 

Simak juga artikel terkait :
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Faktor Penyebab Pengerasan Hati Yang Perlu DiKetahui

Faktor Penyebab  Pengerasan Hati  Yang Perlu DiKetahui Faktor Penyebab  Pengerasan Hati  - Hati atau dalam bahasa medis di sebut d...